Friday, May 13, 2011

Pergelaran "Bawomataluo 2011" Dibuka

Artikel menarik alamat beberapa isu kunci tentang
. Pembacaan yang cermat bahan ini bisa membuat perbedaan besar dalam bagaimana Anda berpikir tentang
.
NIAS SELATAN, KOMPAS.com--Desa Bawomataluo di Kecamatan Fanamaya, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, beberapa hari ini mulai sibuk berbenah untuk menyambut para tamu yang akan menyaksikan pergelaran seni budaya Nias di desa budaya tersebut.

Tenda-tenda telah dipasang untuk menjajakan beragam kerajinan hasil karya penduduk setempat, RRI Gunungsitoli juga sudah mendirikan stan untuk melangsung siaran, beberapa wartawan baik cetak maupun elektronik dari Jakarta juga sudah nempak hilir mudik di desa dengan ketinggian di atas 324 m dari permukaan laut itu.

Beberapa penduduk juga tampak sedang duduk-duduk di sekitar patung Famadaya Harimao yang akan dimainkan Minggu 15 Mei 2011sore. Patung bergambar Harimau itu diletakkan di atas penyangga setinggi dua meter lebih di gerbang sebelah utara desa Bawömatoluo.

Anda dapat melihat bahwa ada nilai praktis dalam mempelajari lebih banyak tentang
. Dapatkah Anda memikirkan cara-cara untuk menerapkan apa yang telah dibahas sejauh ini?

Patung itu mengundang perhatian warga, khususnya ibu-ibu dan anak-anak, yang terlihat duduk santai berada di kayu-kayu penyangga. Ada yang duduk di bagian penyangga dan sebagian berdiri di samping patung setinggi sekitar dua meter lebih ini.

Menurut rencana, acara bertajuk "Pagelaran Bawomataluo 2011" akan dibuka sore ini, Jumat (13/5), oleh Bupati Nias Selatan, Idealisman Dachi.

Pesta seni direncanakan akan menjadi sebuah aktivitas teratur  pada masa mendatang. Pola pengorganisasian dan penyelenggaraannya amat berbeda dengan acara serupa yang diselenggarakan sebelumnya. Panitia memandang, sudah saatnya masyarakat memeroleh kemajuan melalui acara ini.

"Kami mencoba untuk mandiri lewat kegiatan ini," kata Hikayat manao, salah seorang tokoh Adat setempat.

Hari ini, usai pembukaan, akan digelar pasar malam. Sementara atraksi seni dan budaya akan digelar pada Sabtu (14/5) dengan menampilkan permainan tradisional Fafiri, tari perang Maluaya, tari Dayang-dayang Putri Mogaele, pembacaan puisi Nias "Hoho". juga musik Feta batu.

Jadi sekarang Anda tahu sedikit tentang
. Bahkan jika Anda tidak tahu segalanya, Anda sudah melakukan sesuatu yang berharga: Anda telah memperluas pengetahuan Anda.

No comments:

Post a Comment