Monday, September 19, 2011

Me Racl, Bikin Cahaya Lilin Lebih Terang

Artikel berikut mencakup topik yang baru saja pindah ke tengah panggung - setidaknya tampaknya begitu. Jika Anda sudah berpikir Anda perlu tahu lebih banyak tentang hal itu, inilah kesempatan Anda.
KOMPAS.com - Cahaya lilin memang menimbulkan efek remang-remang dan romantis. Tapi, untuk kebutuhan penerangan rumah saat listrik padam, intensitas cahaya lilin masih kurang. Kadang perlu lebih dari satu lilin untuk menerangi satu ruangan.

Karenanya, Haryo Widodo dan Reni Indarti menciptakan Me Ra'cl. Alat ini memiliki 3 fungsi sekaligus, yakni sebagai tempat lilin, penguat cahaya, serta pembagi cahaya lilin. Karya Haryo dan Reni masuk 20 karya terseleksi di ajang Djarum Black Innovation Award 2011.

"Umumnya kan cahaya lilin itu nggak kuat. Dengan alat mini cahaya lilin yang punya lux 10,3 bisa ditingkatkan menjadi 20. Kira-kira ini sanggup menerangi ruangan berukuran 6 x 8 meter," kata Haryo yang merupakan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya saat dihubungi Kompas.com.

Anda tidak dapat mempertimbangkan semua yang anda hanya membaca untuk menjadi informasi penting tentang
. Tapi jangan heran jika Anda menemukan diri Anda mengingat dan menggunakan informasi ini sangat dalam beberapa hari mendatang.

Me Ra'cl memiliki bentuk seperti tabung yang bisa dibuka. Bagian dalam alat dilengkapi tatatakan tempat lilin diletakkan. Ada pula pengait pengait yang bisa dipakai untuk menggantungkan alat ini ke pintu atau lainnya.

"Alat ini juga memiliki 3 reflektor bisa diputar 360 derajat. Karena bisa diputar, cahaya bisa diatur arahnya. Reflektor warna biru mengubah cahaya berwarna putih sehingga lebih terang," jelas Harry.

Untuk menggunakan alat ini cukup mudah. pertama, tabung Me Ra'cl dibuka lalu tatakan diambil dan lilin diletakkan. Kemudian, tatakan dimasukkan lagi dan lilin dinyalakan. Setelahnya. tinggal diatur ruangan yang ingin diterangi dengan mengarahkan reflektor ke tempat yang sesuai.

Menurut Harry, alat ini akan mencegah penggunaan terlalu banyak lilin dan meminimalkan resiko kebakaran akibat api lilin. Di samping itu, alat ini juga lebih efektif dari lampu darurat sebab menawarkan biaya yang lebih rumah.

Sekarang Anda bisa menjadi ahli percaya diri pada
. OK, mungkin bukan pakar. Tapi Anda harus memiliki sesuatu untuk membawa ke meja waktu berikutnya Anda bergabung dengan diskusi tentang
.

No comments:

Post a Comment